Permainan dan Pendidikan PAUD - TK

On Rabu, 05 Oktober 2011 0 komentar

Namanya saja PAUD , sebenarnya tak ada target yang harus dilakoni para siswa. Mereka leih banyak diajak happy. Namun, di lapangan sangat tipis kita bisa melihat perbedaan PAUD dengan TK.
Dari segi umur kita bisa menebak dengan pasti bahwa anak yang berusia 3-4 tahun harus masuk PAUD. Sedangkan TK (besar maupun kecil) siswanya berusia dari 4-6 tahun.
Dari segi materi pembelajaran, hanya prosesnya yang membedakan PAUD dan TK. Di PAUD ada istilah 30-60-30 yakni 30 pembukaan dengan cara bermain, 60 materi dan 30 istirahat. Saat istirahat ini full diisi dengan bermain. Sementara di TK polanya tetap 30-60-30, namun materi bahan ajarnya sudah lebih padat dibandingkan di PAUD. Di PAUD dan TK semuanya mengajak siswa berbuat sesuai dengan bakat, minat dan sikapnya.
Perbedaannya juga bisa dilihat dari kepadatan pembelajaran. Di PAUD siswa diajarkan hanya satu materi setiap hari, sementara di TK diajarkan dua materi pembelajaran. Di PAUD siswa diajarkan 10 kompetensi, sedangkan di TK mencapai 20 materi. Materi itu mencakup pengenalan diri sendiri, kesehatan, emosi, jasmani, agama, moral, bahasa, daya cipta, dan daya pikir serta kemampuan bermasyarakat. Yang jelas porsi bermain di PAUD lebih banyak dibandingkan di TK.

Belajar Menyapa
Materi Pengajaran : Belajar Menyapa atau disebut juga Conversation anak-anak akan belajar kata-kata sapaan yang sering dipergunakan sehari-hari seperti Good Morning, Good Evening, dan penggunaannya dalam sehari-hari. Game Kartu : Pada game ini anak-anak akan diuji untuk mencari kartu dengan ucapan salam yang sama. Anak-anak harus memiliki ingatan yang baik untuk menyelesaikanya.
Belajar Warna
Materi Pengajaran : Warna-warna ceria pasti sangat disukai anak-anak, nah apakah anak-anak sudah tahu apa kata untuk warna ungu dalam bahasa Inggris ? Lalu warna hijau, biru, kuning, dst? Anak-anak akan belajar nama dan penulisan warna dalam Bahasa Inggris. Game Warna : Ayo .. Biarkan anak-anak bereksplorasi dengan daya kreatifitas dan warna-warna yang mereka sukai. Tetapi semuanya hanya boleh disebutkan dalam Bahasa Inggris loh, biar mereka cepat belajar ….
Belajar Angka
Materi Pengajaran : Apakah anak-anak sudah bisa menyebutkan urutan angka dari satu hingga sepuluh dalam Bahasa Inggris ? Apakah anak-anak sudah bisa mengenal angka mana yang dinamakan eight ? Six ? Two ? Jangan kuatir kalau mereka belum bisa, mereka akan banyak belajar tentang angka di bagian ini. Game Telepon : Ayo … Latihlah anak anda untuk memencet nomor-nomor yang diminta dalam Bahasa Inggris sehingga mereka cepat menangkap materi yang diajarkan.
Belajar Abjad
Materi Pelajaran : anak-anak tentu sudah lancar membaca abjad A – Z dalam Bahasa Indonesia. Nah .. Apakah dalam bahasa Inggris juga lancar ? Dan apakah anak-anak bisa menyebutkan contoh benda dalam Bahasa Inggris yang awalannya dimulai dari huruf tertentu. Kalau tidak bisa, jangan kuatir, Ibu Peri akan mengajarkannya. Game Abjad : Ibu Peri akan membacakan kata-kata dalam Bahasa Inggris dan anak-anak diminta untuk memilih huruf depan dari kata yang disebutkan.
Belajar Buah-Buahan
Materi Pengajaran : Pada game ini anak-anak akan belajar mengenal dan menyebutkan nama buah-buahan yang ada dalam Bahasa Inggris. Anak-anak pasti suka, karena selain pintar berbahasa Inggris, mereka juga akan mengenal berbagai macam buah-buahan yang ada disekitar kita. Ada tomat, apel, mangga, jeruk, dan masih banyak lagi. Game Monyet : Ibu Peri akan menyebutkan nama buah-buahan yang perlu diklik oleh anak-anak. Bila anak-anak telat, maka monyet Mobi akan duluan mengambil buah yang disebutkan tersebut. Jadi harus sigap dan tepat ya.
Belajar Hewan
Materi Pengajaran : Kali ini Bobby dan Ibu Peri akan membawa anak-anak ke kebun binatang untuk belajar nama-nama hewan dalam Bahasa Inggris seperti Jerapah, kuda, gajah, kangguru, harimau, dsb. Game Menghubungkan Titik : Ibu Peri akan memberi petunjuk kepada anak-anak untuk memilih wajah hewan yang terdapat pada layar. Bila jawabannya tepat, maka garis-garis pada titik akan tersambung dengan otomatis dan membentuk sebuah gambar hewan.
Belajar Sayur-Sayuran
Materi Pengajaran : Makan sayuran ? Apakah anak-anak suka ? Walaupun tidak suka tetapi anak-anak harus mempelajarinya bukan ? Nah di bagian ini ada banyak contoh sayuran beserta namanya dalam Bahasa Inggris seperti sayur lobak, terung, wortel, buncis, dsb. Game Sayur : Anak-anak akan membantu Bobby menyeberangi kebun sayur. Ibu Peri akan memberi petunjuk bagaimana caranya Bobby melompati papan gambar sayur yang ada dikebun.
Belajar Anggota Tubuh
Materi Pengajaran : Anak-anak akan diajarkan nama-nama bagian tubuh dalam Bahasa Inggris seperti kepala, mata, hidung, badan, kaki, tangan, dan lain sebagainya. Game : Anak-anak akan diminta untuk menempatkan bagian-bagian tubuh yang ada disamping kanan layar kedalam gambar tubuh yang belum lengkap. Disini anak diuji kembali tentang pelajaran anggota tubuh pada materi sebelumnya.
Belajar Tentang Keluarga
Materi Pengajaran : Belajar tentang nama panggilan didalam keluarga dalam Bahasa Inggris seperti kakek, nenek, ayah, ibu, paman, bibi, adik laki-laki, adik perempuan, abang, kakak, dan masih banyak lagi. Game : Pada game ini terlihat anggota keluarga yang sedang beraktifitas. Ibu Peri akan menyebutkan nama-nama panggilan dalam Bahasa Inggris dan anak-anak akan diminta untuk menunjuk anggota keluarga yang benar.
Belajar Isi Rumah
Materi Pengajaran : belajar nama-nama benda dalam Bahasa Inggris. Pelajaran ini pasti akan menambah kosa kata anak-anak dalam berbahasa Inggris sehari-hari dirumah. Game Isi Rumah : Game ini selain melatih pengetahuan anak tentang kosa-kata benda dalam Bahasa Inggris, juga mengajarkan letak-letak benda yang benar didalam rumah.
Belajar Bernyanyi
Ini pasti merupakan salah satu materi yang paling disukai oleh anak-anak karena mengajak anak-anak bersama Bobby dan Ibu Peri bernyanyi dan menari. Lagunya merupakan lagu-lagu Bahasa Inggris yang terkenal dan merupakan favorit anak-anak.
Belajar Kosakata
Setelah melewati semua bagian belajar dan bermain, anak-anak dapat diuji pada bagian ini. Ini adalah test akhir yang mencakup semua bahan belajar yang telah kita pelajari. Ayo … Beri motivasi pada anak-anak untuk belajar lebih giat lagi dengan seri Belajar Bahasa Inggris ini.

0 komentar:

Posting Komentar