Sentra Pembelajaran PAUD

On Rabu, 05 Oktober 2011 0 komentar

Berikut ini macam-macam sentra dalam paud Al Amin Bumirejo
Namun bisa juga ditambah dan dikurangi sesuai kurikulum maupun program-program yang disusun disetiap satuan pendidikan masing-masing paud.


Sentra Ibadah
Sentra ini, anak akan di antar mengenal Allah sebagai pencipta, melalui sifat – sifat ciptaan-Nya sehingga tumbuh kecintaan anak pada-Nya. Anak juga dilatih melakukan sholat, mengenal Al – Qur’an dan membentuk akhlak mulia sebagai hamba-Nya.
Sentra Eksplorasi
Sentra ini, anak dapat mengembangkan rasa ingin tahunya melalui eksperimen sederhana. Missal : anak – anak di antar mengeksplorasi perjalanan air dari dataran tinggi ke dataran rendah, mengeksplorasi warna lewat proses percampuran, memahami roda berputar, mendengarkan detak jantung, pertumbuhan tanaman dan sebagainya.

Sentra Imajinasi
Sentra ini, anak berlatih mengembangkan imajinasi dan fantasinya lewat peniruan atau berperan seperti orang dewasa. Sentra ini pula anak – anak akan melaksanakan peran profesi sebagaimana terdapat pada orang dewasa. Guna sentra ini untuk memahami profesi yang terdapat di masyarakat serta tugasnya. Dalam anak – anak mengembangkan kemampuan improvisasi, serta dapat menggunakan benda secara simbolik yang mewakili hal lain dan mengembangkan kemampuan berbahasa.

Sentra Rancang Bangun
Sentra ini disebut juga dengan sentra balok. Di sini anak dapat meningkatkan persepsi visual, koordinasi mata, tangan, dan ketrampilan motoriknya, juga dapat mencipta berbagai bentuk bangunan, mengenal konsep matematika secara sederhana serta belajar menghargai dan bekerja sama.

Sentra Seni dan Kreasi
Dalam sentra ini, anak belajar mengembangkan kemampuan dalam berkreasi dan berekspresi dengan berbagai macam media diantaranya membuat kreasi dari bahan bekas.
Sentra Matematika
Di sentra ini anak dilatih berfikir logis, kritis dan dapat memecahkan masalah matematika secara sederhana. Anak juga dikenalkan dengan berbagai konsep dan permainan – permainan matematika yang menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar